Selasa, 22 Februari 2011

Cara Sehat Main Futsal

Sepakbola dalam ruang atau yang lebih populer disebut futsal, saat ini sedang mengalami tingkat kepopuleran yang cukup tinggi. Hal ini karena berhubungan dengan jenis olahraga sepak bola yang juga sudah mendunia. Hampir semua orang di seluruh penjuru dunia, mengenal jenis permainan yang dimainkan di lapangan luas pada tempat terbuka ini.
Mengapa Pilih Futsal
Sedangkan futsal adalah jenis permainan olahraga yang sangat mirip dengan sepak bola. Perbedaannya adalah main futsal bisa dilakukan di lapangan yang lebih kecil dan bisa berada di luar atau dalam ruang. Tidak membutuhkan lapangan yang begitu besar, bila ingin bermain futsal juga tidak begitu kesulitan untuk mencari lapangannya.
Seperti Anda ketahui, saat ini makin sulit ditemukan lapangan terbuka yang cukup luas, apalagi di kota besar. Bagi para penggemar olahrga bola, futsal bisa dijadikan permainan alternatif untuk melakukan kegiatan yang telah menjadi hobinya itu. Bila dalam satu grup sepakbola membutuhkan sebelas pemain, namun pada olahraga futsal hanya membutuhkan lima atau enam saja, termasuk kiper.
Teknik Bermain Futsal
Sebagaimana sepakbola atau jenis olahraga yang lain, main futsal juga butuh teknik tersendiri. Selain mendapat kebugaran tubuh, juga untuk menghindari cedera yang bisa mengganggu kesehatan dan kondisi tubuh Anda. Beberapa diantaranya adalah:
  • Pemanasan. Jangan langsung bermain futsal ketika tiba di lapangan dan telah bertemu dengan teman-teman satu tim. Sebaiknya lakukan pemanasan atau olahraga ringan dulu. Misalnya lari-lari kecil atau melakukan senam ringan. Pemanasan ini minimal dilakukan selama lima menit. Tujuannya untuk menciptakan kondisi agar otot bisa menyesuaikan diri ketika Anda berlari cepat atau melakukan gerakan-gerakan lain ketika Anda main futsal nanti.
  • Selalu Menggunakan Sepatu. Ketika main futsal, usahakan selalu memakai sepatu khusus untuk bermain olahraga ini. Tujuannya untuk menghindari terjadinya cedera dan luka di kaki, jari kaki dan kuku. Terutama ketika sedang memalukan tendangan yang keras atau bertabrakan dengan teman dan lawan main. Selain itu dengan menggunakan sepatu hasil tendangan yang Anda lakukan juga bisa lebih akurat dan tidak melenceng.
  • Pelemasan. Bila sudah puas main futsal dan ingin beristirahat, sebaiknya jangan langsung duduk sehingga kaki bisa tertekuk. Sebaiknya istirahat dilakukan dengan tetap berdiri dan tunggu beberapa saat hingga otot kembali lemas dan tidak tegang atau kaku lagi. Baru setelah dirasa enak, Anda bisa duduk di kursi.
  • Hindari Minuman Dingin. Setelah capek main futsal, tentu Anda akan merasa haus dan mulut serta leher terasa kering. Ini tentu menimbulkan nafsu untuk segera minum air. Hal inilah yang perlu diperhatikan. Jangan sekali sekali minum air yang dingin sehabis melakukan olahraga. Apalagi bila minuman tersebut dicampur dengan es. Karena kondisi suhu badan Anda saat itu masih panas. Bila nekad mengkonsumsi air dingin akan menyebabkan badan menjadi meriang atau sakit dan pilek
  • Jangan mandiSebenarnya aturan ini tidak hanya berlaku pada futsal saja. Namun semua jenis olahraga pasti juga menyerukan larangan untuk langsung mandi sehabis Anda melakukan banyak gerakan apalagi dalam kondisi badan yang masih berkeringat. Alasannya sama dengan yang nomor tiga serta empat di atas. 

Selamat bermain futsal dengan sehat dan salam olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar