Selasa, 22 Februari 2011

Nama Pemain Sepak Bola yang Melegenda

Dalam setiap 4 tahun sekali, dunia selalu dihibur dengan adanya turnamen akbar paling diminati, yaitu piala dunia. Dan di sepanjang sejarahnya, turnamen tersebut selalu melahirkan seorang pemain yang melegenda.
Berikut ini adalah tiga nama pemain sepak bola yang melegenda, antara lain:

Pele
Bagi Anda pecinta sepak bola, tidak mungkin untuk tidak mengenal nama pemain sepak bola yang satu ini. Dia adalah legenda dari Brazil, negara yang paling sering memenangkan ajang piala dunia.
Pele mempunyai nama asli Edson Arantes do Nascimento. Ia dicatat sebagai pemain termuda yang pernah tampil sekaligus mencetak gol di final. Termuda yang pernah bermain dan menjuarai final. Pada saat itu, Brasil mengalahkan Swedia 5-2 di final pada tahun 1958.
Saat itu Pele berusia 17 tahun 239 hari, dan dia menyumbangkan dua gol untuk kemenangan negaranya. Pele juga kembali bermain di piala dunia pada tahun 1962, 1966, dan 1970.  Tahun 1962 dan 1966 dimenangkan oleh Brasil. Total gol yang dicetak Pele sepanjang pertandingan piala dunia tersebut adalah 12 gol.

Maradona
Nama pemain sepak bola yang melegenda berikutnya adalah Diego Armando Maradona. Ia adalah pemain yang terkenal dengan sebutan  “Tangan Tuhan”.
Maradona berasal dari Argentina. Pertama bermain di piala dunia tahun 1982 saat ia berusia 21 tahun. Ketika itu Argentina kandas oleh Italia dan Brasil. Namun pada piala dunia berikutnya dia menjadi pahlawan, mengantarkan negaranya menjadi juara dengan mengalahkan Jerman Barat.
Yang benar-benar membuatnya melegenda adalah dua golnya yang masuk ke jala gawang Inggris di putaran semifinal. Rekaman pertandingan menunjukkan bahwa golnya tercipta karena bantuan tangan. Pada waktu itu Maradona mengatakan bahwa gol itu adalah “insiden tangan Tuhan.” Pada tahun 2005, ia mengaku dengan sengaja menggunakan tangannya.
Yang benar-benar spektakuler adalah gol keduanya. Ia membawa bola setengah lapangan dan berlari melewati lima pemain sampai akhirnya membuat gol ke gawang Inggris.  Pada tahun 2002, FIFA gol ini dipilih sebagai “Gol Abad Ini.”

Gerd Muller
Nama pemain sepak bola yang melegenda berikutnya berasal dari Jerman, yaitu Gerd Muller. Ia mendapat julukan sebagai “Bomber der Nation”. Ia adalah pencetak gol tersubur sepanjang masa.
Muller mencatat rekor 68 gol pada pertandingan internasional, 365 pada Bundesliga, dan 14 gol pada dua piala dunia yang diikutinya. Ia adalah top scorer sepanjang masa. Pada tahun 1974, ia mengantar negaranya menjadi juara piala dunia dengan mengalahkan Belanda 2-1.
Nah, itulah tiga di antaranya nama-nama pemain sepak bola yang menjadi legenda. Tentu masih banyak yang lain dan akan terus bermunculan dari ajang piala dunia ini, dengan prestasi dan ke-spektakuler-an yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar